18. Pizza (2)

Bismillah..

Makassar, 1 Mei 2017

Yang disuka dari awal bulan itu adalah belanja bulanan. Mulai dari menulis daftar apa saja yang akan dibeli, belanjanya, sampai depan kasir. Setelah itu urusan diserahkan ke suami, saya suka sedih kalau harus mengeluarkan uang hehe.

Dari akhir bulan lalu terbayang pasta. Udah ingin cepat-cepat pindah bulan. Lebay. Nunggu sampai awal bulan beli bahannya dan yang dimasak lebih dulu adalah pizza. Ini pesanan suami yang kabita setelah melihat postingan temannya yang buat pizza homemade. 

Fresh from the oven

Resep kulit mirip dengan pizza sebelumnya. Boleh dilihat lagi disini. Saya coba pakai terigu protein tinggi dan mengganti air dengan susu UHT. Saat melarutkan ragi tetap pakai air hangat secukupnya. Adonan diuleni sampai kalis, dibentuk bulatan, disimpan di mangkuk, dan didiamkan 40menit (ditutup lap hangat). Adonan dikempeskan dan dibentuk bulatan, didiamkan lagi 10menit. 
Coba-coba manggang kulitnya dulu. Sebelum dipanggang ditusuk-tusuk pakai garpu. 

Saus dimasak dengan ayam cincang. Bumbunya sama dengan pizza1

Setelah adonan kulit dipanggang 10menit. Diatasnya baru diolesi saus-ayam. Irisan sosis, jamur tiram**, dan keju ditata diatasnya. Panggang lagi selama 20menit, suhu 200°C, pakai panas yang di atas.

Meleleh

Di pizza yang sekarang enggak pakai wortel lagi. Maksa ya sayurannya hehe. Selalu ada kejutan, kalau kata suami. Pizza yang berwortel, roti isi berwortel, nasi goreng berwortel, atau perkedel kentang berwortel. Kalau jamur tiram mudah didapat mungkin jadi serba jamur, Beb. Hehehe
Catatan

  • Kulit pizza tebal & empuk. Setelah 10jam saya oven lagi, jaga-jaga menghindari basi. 12 jam setelah oven ulang, kulit masih empuk.
  • Toping nampak lebih segar.
  • Saus kurang kental.
Ketebalan kulit

Jadi, masak pastanya? Akhir pekan, hari kerja, atau dalam waktu yang dekat hehehe. 😀😀

__________

**Jamur tiram hanya disuwir, dicuci, dan diperas tanpa dimasak terlebih dulu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s